Pertanyaan umum yang sering diajukan:

Oriflame berasal dari mana?
Oriflame didirikan di Swedia. Mayoritas produknya diproduksi di Swedia, namun Oriflame juga mempunyai unit produksi (pabrik) di beberapa negara seperti Perancis, Polandia, Cina, Rusia dan India yang masing-masing memiliki spesialisasi sendiri-sendiri.
Produk Oriflame apa saja?
Produk Oriflame adalah aneka kosmetik, perawatan badan, rambut dan wajah yang menggunakan bahan-bahan dan saripati alami sehingga terjamin kualitas dan keamanannya. Oriflame juga memproduksi aneka aksesoris berkualitas, parfum serta minuman kesehatan. Dengan kata lain, Oriflame memproduksi barang-barang kebutuhan kita sehari-hari.
Apa keuntungan saya jika menjadi member?
  1. Sebagai user, yaitu memakai produknya untuk diri sendiri dan mendapatkan harga diskon
  2. Sebagai seller, yaitu menjual produk dengan keuntungan langsung sebesar 30% (selisih harga katalog dengan harga member)
  3. Sebagai leader, yaitu selain memakai dan menjual, juga mengajak rekan anda bergabung dan bersama-sama mengembangkan jaringan. Cara ketiga inilah yang telah melahirkan puluhan jutawan baru di Indonesia.
Apakah saya harus mengumpulkan poin?
Tidak wajib, tapi jika kita mengumpulkan minimal 100 BP (BP = Bonus Poin) tiap bulan, maka kita akan mendapatkan keuntungan lebih berupa bonus. Untuk member baru, dengan mengumpulkan 100 BP setiap bulan di 3 bulan pertama, Anda masuk dalam kualifikasi Welcome Program dan berhak mendapatkan hadiah produk gratis. 100 BP itu berapa? 1 BP ~ 5300 BV ~ Rp 5300 (belum termasuk PPN 10%) Kira-kira 100 BP adalah sekitar Rp 600 ribu.
Lalu, bagaimana cara mengumpulkan poin?
Dengan cara membeli produk Oriflame, yang mana adalah barang kebutuhan kita dan keluarga sehari-hari yaitu sabun, shampo, kosmetik, parfum, deodoran, dll. Alihkan belanja bulanan anda ke Oriflame. ATAU Tunjukkan katalog Oriflame terbaru kepada teman-teman dan dapatkan order mereka untuk memperoleh keuntungan lebih.
Jika tidak berhasil mengumpulkan 100 BP, apakah saya akan terkena sanksi?
Tidak. Bisnis Oriflame adalah bisnis kita masing-masing. Kami para upline adalah fasilitator dan mentor anda, namun anda sendiri yang menentukan keberhasilan bisnis Anda. Tidak ada sanksi dari Oriflame ataupun upline kepada Anda sebagai pemilik bisnis. Namun bila Anda ingin berhasil di bisnis Oriflame, 100 BP adalah komitmen seperti layaknya tiap hari pergi sekolah atau tiap hari hadir di kantor.
Bagaimana kalau saya tidak bisa berjualan?
Oriflame mengerti bahwa tidak semua orang pintar menjual, karena itu katalog Oriflame telah didesain secara eksklusif untuk berfungsi sebagai etalase anda. Yang perlu dilakukan hanyalah menunjukkan katalog kepada teman dan keluarga, jutaan member Oriflame telah membuktikan hal ini. Lagipula kami tidak terlalu mengajarkan anda untuk pintar menjual, tapi pakailah produk Oriflame untuk konsumsi pribadi dan keluarga. Mudah kaann?
Bagaimana kalau saya tidak punya waktu luang?
Untuk anda yang sibuk, tidak masalah. Jalani saja bisnis ini dengan memanfaatkan waktu santai di malam hari atau jam istirahat di kantor hanya dengan mengirimkan email kepada teman-teman, atau bisa juga melalui facebook dan twitter. Bisnis ini tidak terlalu menyita waktu kok.
Barapa lama pesanan akan sampai ke tangan saya?
Trauma dengan pengiriman yang sangat lama saat berbelanja online? Itu tidak akan terjadi di Oriflame. Waktu pemprosesan order di Oriflame bisa sangat cepat yakni 1x24 jam saja. Hal Ini bisa dilakukan melalui Service Point Oriflame(SPO) terdekat dengan lokasi anda.

12 Fatwa MUI Mengenai MLM (Oriflame)

1. Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa;

Oriflame:  Produk oriflame sangat riil, banyak jenis, dan menjangkau semua rentang usia, laki-laki maupun perempuan. Katalog yang tiap bulan terbit sudah berbicara sendiri. Untuk lebih jelasnya bias dicek langsung di website resmi Oriflame Indonesia http://oriflame.co.id

2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram

Oriflame:  Produk terbuat dari bahan-bahan alami saripati tumbuhan, buah, dan bunga. Dipergunakan untuk sehari-hari seperti skin care, sabun mandi, sabun cuci muka, body lotion. Produk Nutrishake yang dikonsumsi tubuh juga telah bersertifikat HALAL dari MUI. Pabrik pembuatan produk Oriflame di seluruh dunia sama. Kita bisa menilai halal tidaknya suatu produk dari kandungan bahan yang digunakan.

3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba,dharar, dzulm, maksiat
  • Gharar atau dharar : jual-beli tapi barangnya tidak ada (fiktif), jual beli tapi barangnya tidak bisa diserahterimakan, jual beli tapi kualitas, jumlah, dan harga barang tidak diketahui
  • Maysir : perjudian, mempertaruhkan uang untuk mendapatkan uang yang lebih banyak, ada dua kemungkinan menang (untung) atau kalah (rugi) dimana hal ini ditentukan dengan mengundi nasib, bukan bekerja keras
  • Riba : tukar menukar uang dengan uang, menyerahkan uang yang sedikit lalu mengharapkan mendapat hasil yang berlipat (money game)
  • Oriflame:  Transaksi jual beli antara konsultan dengan konsumen maupun konsultan dengan perusahaan sangat jelas, yaitu jual-beli barang yang nyata ada, bagaimana wujud dan harganya tertera di katalog dengan product story yang lengkap. Berapa ukuran atau isinya, termasuk komposisi bahan juga termuat dalam catalog. Jika merujuk pada jenis-jenis transaksi yang diharamkan dalam syariat di atas, inti dari transaksi gharar dst itu terjadi pada bisnis MLM dengan sistem money game.

    Ketika seseorang bergabung di Oriflame sebagai konsultan, dia hanya membayar biaya registrasi untuk starter kit. Starter Kit merupakan tools untuk konsultan memulai bisnis Oriflame-nya. Tidak ada produk apapun didalam starter kit tersebut.

    4. Tidak ada harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh

    Oriflame:  Setiap konsultan telah ditentukan untuk menjual produk Oriflame kepada konsumen (non-member) dengan harga sesuai harga katalog (tidak boleh melebihi harga katalog). Di mana konsultan mendapatkan keuntungan langsung 30% dari menjual produk (yaitu prosentase diskon langsung terhadap harga beli konsultan). Produk yang dijual memang berkualitas dan bisa dirasakan MANFAAT-nya.

    5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS

    Oriflame:  BONUS atau income bulanan yang dibayarkan Oriflame adalah berdasarkan OMZET penjualan pribadi dan grup dengan sistem perhitungan bonus yang ADIL dan TRANSPARAN, skema bagi hasil telah diatur oleh perusahaan, dijelaskan juga dalam buku panduan konsultan (starter kit). Konsultan yang omzet grup nya besar tapi dirinya tidak punya omzet (tutup poin) juga tidak akan mendapat bonus, hal ini untuk mendorong kerja aktif.

    Tidak ada bonus rekrut di Oriflame. Mempunyai 1000 downline sekalipun, jika tidak ada omset penjualan (tutup poin) maka tidak akan ada bonus yang ditransfer

    6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan

    Oriflame:  Bonus atau gaji dari Oriflame yang diterima oleh tiap-tiap leader setiap bulan sudah jelas cara penghitungannya. Penghitungan tersebut (marketing plan) dijelaskan dengan detil didalam training baik yang diselenggarakan oleh Oriflame maupun group-group leadernya. Juga tertera dalam buku “Success Plan Leader Edition”. 

    Bonus diluar penghasilan utama yang diberikan Oriflame berupa CASH BONUS, CASH AWARD dan CAR PROGRAM kepada para leader yang mencapai target omzet yang telah ditetapkan dalam Marketing Plan Oriflame. Sistem perhitungan bonusnya jelas, rinci, dan matematis..  Tools untuk memonitor target tersebut juga telah disediakan. 

    7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa

    Oriflame:  Dalam menjalankan bisnis, para Oriflamers harus bekerja secara aktif yaitu TUPO (tutup poin), REKRUT, dan BINA JARINGAN. Bonus tidak dibayarkan kepada member yang pasif dan tidak TUPO. Karena TUPO merupakan omzet penjualan pribadi setiap konsultan, seperti juga bisnis pada umumnya pasti ada target penjualan kan, supaya mendorong kinerja, karena ini bisnis riil.

    Upline (sponsor) juga membina downlines dijaringannya bagaimana caranya menjalankan bisnis, karena merekrut 100 downlines tanpa adanya penjualan grup sebesar 10,000 BP juga tidak akan menghasilkan income 5 juta per bulan. Apa yang dikerjakan setiap konsultan juga telah diatur dalam sistem 3 level berikut ini. L1 (konsultan 0-9%), L2 (Manager 12% – 21%), L3 (Directors)

    Setelah menjadi member aktif, berbagai training diberikan baik dari perusahaan maupun dari grup, training dasar dimulai dari mengenal produk (Oriflame Training Step One), mengenal bisnis (Oriflame Training Step Two). Ada juga sales training-nya yang bisa konsultan ikuti via online (webinar training).

    8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra'.

    Oriflame:  Pemberian bonus ataupun aneka reward baik berupa uang tunai maupun mobil serta perjalanan ke luar negeri ditujukan untuk memacu prestasi kerja para konsultan. Hal ini adalah lumrah seperti halnya di perusahaan-perusahaan besar yang memberikan reward kepada para mitra bisnis untuk membina hubungan bisnis yang saling menguntungkan dalam jangka panjang. Reward dari Oriflame memang nyata ada dan positif. Banyak leader sukses yang bisa mewujudkan IMPIAN-nya dengan bonus dari Oriflame untuk haji/umroh bersama keluarga, membangun rumah, membiayai sekolah anak-anak maupun pendidikan dirinya sendiri (banyak mahasiswa yang juga bisa sukses berpenghasilan jutaan).

    9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya

    Oriflame:  Di bisnis Oriflame sistem bisnis yang berlaku bukan sistem piramida. Di bisnis Oriflame tidak ada istilah posisi menentukan prestasi. Yang bergabung belakangan sangat mungkin menyalip level dan pendapatan leader yang bergabung diawal. Pemberian bonus ditetapkan dengan perhitungan yang jelas. kerja keras dan kerja cerdas yang menentukan hasil setiap bulannya. Selain itu, Oriflame telah memiliki reputasi dalam praktik menjalankan bisnis yang sehat bagi para konsultannya, dan ini telah mendapatkan pengakuan secara global. 

    10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain

    Oriflame:  Setiap awal bulan Oriflame mengadakan Leaders Meeting untuk Manager Up di setiap kantor cabang, acaranya berupa launching katalog, informasi promo bulan terkait, dan rekognisi atau pemberian penghargaan bagi para konsultan yang naik level.

    11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut

    Oriflame:  Pembinaan dan pengawasan sudah menjadi tugas sehari-hari para leader. Pembinaan melalui training offline maupun online. Pengawasan terhadap tindakan yang dilakukan setiap member di grupnya, tidak melanggar kode etik grup maupun Oriflame. 

    12. Tidak melakukan kegiatan money game.

    Oriflame:  Tidak ada money game dalam bisnis Oriflame. Oriflame menjual langsung produknya kepada konsumenya melalui konsultan-konsultannya. Tidak mengikuti rantai distribusi seperti dealer - sub dealer - reseller. Bonus bagi konsultan Oriflame didapat dari omset penjualan dalam jaringan/group. Di Oriflame tidak ada bonus rekrut, bonus pasangan, atau yang sejenis. Punya banyak downline tapi tidak ada omset atau tidak tupo, ya tidak ada bonus. 

    Pertanyaan seputar Halal-Haram menjalankan bisnis MLM selalu menjadi pertanyaan krusial mengingat Harta Halal/Haram akan menjadi daging yang menyatu dengan tubuh manusia dan akan memperngaruhi tingkah laku seseorang tersebut.

    Untuk meyakinkan niat mereka yang akan bergabung dengan MLM apapun MUI sudah mengeluarkan fatwanya mengenai MLM atau disebut juga Penjualan Langsung Berjenjang baik yang memperjual belikan barang maupun jasa.

    Berikut link keputusan Dewan Syariah Nasional (DSN) mengenai MLM dan Penjelasan mengenai MLM khususnya Oriflame sebagai salah satu Bisnis berbasis Jaringan

    https://drive.google.com/file/d/0BxTl-lNihFyzckhwc3B3U0l6WVU/edit